Menko Polhukam RI Jamin Perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Akan Berjalan Aman

 

JAKARTA,PGI.OR.ID-Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan bahwa pemerintah menjamin pelaksanaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 akan berjalan aman.

Hal tersebut ditegaskan Mahfud MD kepada awak media, usai melakukan pertemuan bersama MPH-PGI, pimpinan sinode gereja, PGIW, FK PKB PGI, serta perwakilan lembaga-lembaga Kristen, di Lantai 3 Grha Oikoumene, Jakarta, pada Selasa (19/12/2023).

Mahfud MD yang dalam kunjungannya didampingi Hary Tanoesoedibjo, tiba pukul 11.00 WIB. Sebelum pertemuan di lantai 3, melakukan percakapan singkat dengan MPH-PGI di lantai 2 Grha Oikoumene.

 

 

“Jadi saya datang ke sini sebagai Menko Polhukam, tidak ada embel-embel seputar yang sifatnya politik elektoral, tidak ada grand politik apapun, karena saya sering berduskisi dengan PGI baik di kantor maupun di rumah. Dan ini sejak 4 tahun lalu dan sekarang saya ke sini menjawab pertanyaan bagaimana situasi politik dan keamanan jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Menko Polhukam, situasi akan berjalan aman karena sebelumnya Presiden Joko Widodo telah mengundang rapat paripurna kabinet, dan dalam rapat tersebut para menteri terkait telah mempresentasikan kesiapannya.

“Termasuk TNI dan Polri serta BIN, semua sudah menyatakan bahwa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 aman, saya menyampaikan situasinya secara detail bahwa semua kaum Nasrani semua silahkan bernatalan dengan tenang, karena seluruh aparatnya sudah siap bukan hanya dalam arti keamanan, tetapi juga kebutuhan logistik yang diperlukan untuk nanti,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom juga menegaskan bahwa pertemuan dengan Menko Polhukam menjelaskan situasi keamanan terutama jelang Natal 2023 dan Pemilu 2024.

“Ya ini kunjungan pertama Pak Mahfud ke PGI walaupun sebetulnya sudah sering ketemu baik di kantor maupun di rumah beliau, di mana pada kesempatan ini kami menyampaikan kepada beliau beberapa temuan-temuan para pimpinan gereja terkait situasi keamanan politik terutama juga menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Dalam pertemuan ini Pak Mahfud menggambarkan kepada kami bagaimana kesiapan pemerintah,” ujarnya.

 

Salah seorang peserta pertemuan, Ketua Umum PGIW DKI Jakarta Pdt. Arliyanus Larosa, mengapresiasi undangan yang disampaikan PGI untuk bersama-sama menerima kunjungan Mahfud MD. Menurutnya, percakapan sangat baik karena kita menyampaikan pesan tidak hanya sebagai warga gereja, tetapi masyarakat negeri ini, agar kehidupan kita sebagai bangsa dapat terawat dengan baik.

“Kami juga sangat mengapresiasi jaminan yang diberikan pemerintah sebagaimana disampaikan Pak Mahfud bahwa perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 akan berjalan baik dan aman. Dalam pengamatan kami juga dengan beberapa pihak, yakin pelaksanaan Natal 2023 dan Tahun 2024 dapat berjalan dengan baik, tidak akan ada gejolak seperti beberapa tahun sebelumnya,” ujar Larosa.(rd)

 

Pewarta: Markus Saragih

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses