20 Vicaris Ditahbiskan Jadi Pendeta GBKP

Tuhan Utus, Tuhan Urus 

20 Vicaris Ditahbiskan Jadi Pendeta GBKP

Ditahbiskan : Sebanyak 20 vicaris yang ditahbiskan jadi Pendeta GBKP , Minggu (4/8/2024) di GBKP Majelis Simpang Enam Kabanjahe foto bersama seusai kebaktian penabisan. Foto : SNN/Theopilus Sinulaki

 
 

Kabanjahe-Dua puluh vicaris ditahbiskan oleh ModeramenGBKP menjadi pendeta, Minggu (4/8/2024) di GBKP Runggun Simpang VI, Kabanjahe. Dua tahun lebih, mereka diproses di unit-unit pelayanan GBKP hingga mereka ditahbiskan. 

 

Ketua ModeramenGBKP, Pdt Krismas Imanta Baru dalam sambutannya mengatakan, seiring dengan perkembangan zaman, tantangan yang dihadapi pelayan Tuhan semakin berat. Banyak kasus-kasus dan masalah timbul, yang belum terpikirkan dan dikaji secara theologis, jadi perlu berkhidmad.

 
Dalam melayani, katanya jangan suka mencari kemenangan diri atau pembenaran diri, jangan menuntut yang belum ada. Tapi carilah solusi berlandaskan kasih.  Di tempat melayani, ada di situ Yesus melalui jemaat dan orang sekitar. Melayani dengan sepenuh hati. Sesuai dengan ajaran Kristus, mengasihi. Kasih itu melampui segala aturan dan perkara. Jadi dalam melayani dibutuhkan kasih.

 


Tuhan sebutnya, telah merancang masing-masing pribadi dengan caranya. Pada akhirnya Tuhan akan meminta pertanggungjawaban kita masing-masing. Karena itu, jangan berandai-andai dan membanding-bandingkan, karena itu hanya akan menurunkan semangat. Percaya, Tuhan mengutus, Tuhan mengurus. 

 

Sementara itu Bupati Karo, Cory Sebayang mengatakan, para pendeta yang diutus ke tempat pelayanannya yang baru agar bisa bekerja sama dengan pemerintah setempat, baik desa atau kecamatan. Bahkan yang melayani di Kabupaten Karo, Cory siap menerima keluh kesah pendeta dan siap mencari solusi bersama terkait masalah yang dihadapi. 

Bupati juga mengharapkan, para pendeta bisa turut serta melestarikan Bahasa Karo dengan mengajari anak KAKR berbahasa Karo. Karena sekarang ini banyak generasi muda Karo tidak bisa berbahasa Karo, tetapi bahasa Inggris fasih.  

Sementara kepada para pendamping pendeta baik isteri atau suami, bupati berharap supaya mereka mendukung penuh pelayanan pendeta karena itu sudah menjadi tugasnya, dan bagian dari komitmennya. 

Sebelumnya, dalam kebaktian Kabid SDM ModeramenPdt Natallidna Tarigan dalam khotbahnya mengatakan, banyak yang dihadapi dalam dunia pelayanan. Latar belakang jemaat dan karakteristik masing-masing adalah tantangan tersendiri. Ada yang memang senang menimbulkan masalah. Itulah tantangan yang dihadapi.Untuk itu, harus ada pengampunan, karena pengampunan obat yang paling mujarab, yang tidak membuat orang sakit. 

Katanya, Tuhan membuat proses yang membentuk anak-anakNya menjadi luar biasa. Tunjukkan kasih dalam pelayanan, karena itu akan mengubah cara berpikir. Berdamai dengan diri sendiri dan Tuhan akan menyempurnakan pelayanan.   

 

Dijelaskannya, Tuhan telah mati bagi manusia, jadi pelayan Tuhan juga harus siap memberi diri bagi jemaat Tuhan. Sesuai dengan tema khotbah minggu, kasih harus terlihat dalam perbuatan, jadi bukan hanya kata-kata. Di mana pun ditempatkan melayani, tunjukkan kasih hingga berguna bagi orang lain. Tuhan tidak meningglkan anak-anakNya. Dia mengutus, Dia mengurus. 

Khotbah sulung disampaikan oleh Pdt Stevent Brahmana yang diambil dari Pilipi 1 : 20. Kedua puluh pendeta yang ditahbiskan (10 perempuan, 10 laki-laki), selanjutnya mereka ditempatkan di daerah pelayanan yang baru oleh Moderamen.

 

Dalam pembacaan surat keputusan pengangkatan dan penempatan pendeta yang baru tersebut yang dibacakan Sekum Moderamen Pdt Yunus Bangun didampingi Wasekum Pt Jetra Sembiring disambut cukup antusias, terlebih saat diumumkan nama daerah pelayanan yang baru terdengar suara riuh sukacita. 

Acara penahbisan yang kebaktiannya digelar di GBKP Majelis Simpang Enam Kabanjahe dan perayaannya di Jambur Rudang Mayang Kabanjahe dihadiri ratusan jemaat dan perwakilan dari 27 klasis. 

 

Inilah nama pendeta yang baru ditahbiskan :

 

1.Pdt Satria Brema S.Th.
2. Pdt. Ekitwinn Handinata Kemit, S.Si, Teol, CCM.
3.Pdt.Randa Ariszeskia, S.Th
4.Pdt.Roy Prananta Purba,,S.Th
5.Pdt.Stevent Brakasipa Brahmana S.Th
6.Pdt. Dwiervina Pepayosa Ginting,S.Th
7.Pdt.Vialonica Ginting Munthe,S.Th
8.Pdt.Arti Deryani Ginting,S.Th
9.Pdt.Jeimme Ulin Tarigan, M.Th
10.Pdt.Syela T.S Br Bangun,S.Th
11.Pdt.Yolanda Febrina Br Ginting, S.Th
12.Pdt.Sadrah Tuahta Barus,M.Si
13.Pdt. Putri Lestari Br Barus,S.Si Teol
14.Pdt.Ria Ebrigina Br Ginting,S.Th
15.Pdt.Wiwin Elvionita Sembiring, S.Pd, S.Th.
16.Pdt.Vitri Eriska Sihotang,S.Si,Teol
17.Pdt.Santa Monika Br Surbakti,S.Th
18.Pdt.Donni Rezky S.Th
19.Pdt.Meychel Rinanda Ginting, S.Si Teol CCM
20. Pdt.Juwiston Sipayung,S.Th. (**/hariansib.com)

 

 

 
 
 
 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses